Berita

Camat Silima Pungga Pungga Edwin Goncang Nababan, SP Membuka Rapat Minilokakarya Lintas Sektor Bidang Kesehatan UPT. Puskesmas Parongil.

Hari ini (Jumat, 8 Maret 2024) bertempat di Balai Runggu Kecamatan Silima Pungga Pungga, Camat Silima Pungga Pungga Edwin Goncang Nababan, SP membuka rapat Minilokakarya Lintas Sektor Bidang Kesehatan di Wilayah Kerja UPT. Puskesmas Parongil. Rapat Minilokakarya dihadiri oleh Babinsa Bapak Togar Sianturi yang mewakili Danramil 03 Parongil, Bhabinkamtimas Bapak Maruli Purba mewakili Kapolsek Parongil, Kepala SMAN1 Silima Pungga Pungga, Kepala SMPN1 Silima Pungga Pungga, kepala SD se-wilayah kerja UPT Puskesmas Parongil, Pengurus PLKB Kecamatan Silima Pungga Pungga, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, mewakili ketua TP. PKK Kecamatan Silima Pungga Pungga, Ketua TP. PKK Desa se-wilayah kerja UPT. Puskesmas Parongil dan seluruh Kader se-wilayah kerja UPT. Puskesmas Parongil.

Lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan suatu kegiatan penting untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas. Perlu diketahui bahwa Visi dari UPT. Puskesmas Parongil “Mewujudkan masyarakat Kecamatan Silima Pungga Pungga yang sehat dan mandiri”.

Adapun Misi dari UPT. Puskesmas Parongil yakni:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  2. Mengutamakan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan biaya yang terjangkau
  3. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan preventif.

Dalam kesempatannya, Ketua UKM Puskesmas Parongil Vani Nababan memaparkan beberapa layanan kesehatan yang sudah dilakukan oleh UPT. Puskesmas Parongil. Adapun paparan kinerja tersebut yakni Layanan Kesehatan mencakup Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial, dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Pengembangan. Selain itu terdapat 12 indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) antara lain Keluarga mengikuti program KB, persalinan ibu di fasilitas pelayanan kesehatan, bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap, bayu mendapat ASI eksklusif, pertumbuhan bayi dipantau (Posyandu) Penderita TB Paru berobat sesuai standar, Penderita Hipertensi berobat teratur, penderita gangguan jiwa diobati dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga sudah mempunyai JKN dan sudah menggunakan air bersih serta sudah menggunakan jamban keluarga.

Usai memberikan pemaparan kinerja, terdapat beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam 2024 antara lain Pelayanan Kesehatan bagi Ibu dan anak melalui pembinaan posyandu, tersedianya ojeknya yang akan dipergunakan bagi masyarakat yang ingin ke posyandu, pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal,adanya kelas bagi ibu hamil, pelayanan cantik (bagi calon pengantin).

Masyarakat berharap dengan telah dipaparkannya seluruh kegiatan dan rencana kerja dari UPT. Puskesmas Parongil, dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan meningkatkan mutu pelayanan serta semakin memadainya peralatan kesehatan di Puskesmas agar masyarakat yang ingin menerima pelayanan kesehatan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke Rumah Sakit Umum.

Camat Silima Pungga Pungga Edwin Goncang Nababan,SP mengaku bangga atas kinerja dari UPT. Puskesmas Parongil dan diharapkan agar pelayanan kesehatannya semakin ditingkatkan demi kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Related Articles

Back to top button