Berita

Kecamatan Silima Pungga Pungga Membuka Acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Balai Runggu.

Kecamatan Silima Pungga Pungga membuka acara pelatihan dan mitigasi bencana di Balai Runggu, (Kamis 5 Oktober 2023). Acara tersebut bertujuan untuk melatih seluruh peserta untuk mampu mengambil solusi/tindakan pada saat terjadinya bencana alam atau peristiwa alam disekitar kita. Pada kesempatannya Sekretaris Kecamatan Silima Pungga Pungga Drs. Marsius Sitorus, M.Si menyambut baik kegiatan yang pelatihan yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi. Beliau berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik supaya dapat kita terapkan di keluarga dan lingkungan kita masing-masing.

Di acara selanjutnya, Kepala Bidang 2 Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Dairi Leo Sianturi mengatakan bahwa seluruh masyarakat harus bisa ambil bagian serta memberikan kontribusi disaat terjadinya bencana alam misalnya tanah longsor. Tanah longsor adalah salah satu bencana alam yang bisa memakan korban jiwa. Maka untuk itu masyarakat dihimbau untuk tidak membangun rumah dibawah pegunungan atau perbukitan yang menjadi daerah rawan longsor. Tanah longsor longor sendiri bisa terjadi karna kondisi tanah yang sudah tidak padat atau juga karna curah hujan yang tinggi yang membuat tanah sudah tidak mampu lagi menampung volume air. Selain tanah longsor ada juga bencana alam lain seperti angin kencang yakni puting beliung yang terjadi di daerah kita. Ada juga banjir bandang yang sudah memakan korban jiwa hingga membuat rumah warga hanyut terbawa banjir dan sawah yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat hancur. Ada juga bencana alam lain seperti gempa bumi yang bisa menghancurkan bangunan tempat tinggal kita. Oleh karena itu kita semua harus selalu waspada dan bisa mengambil tindakan untuk menanggulangi bencana alam. Untuk itu kita perlu mendata masyarakat yang memiliki alat transportasi ataupun alat berat yang dapat dipergunakan saat terjadinya bencana alam.

Di acara tersebut juga dilakukan pelatihan bagaimana cara mengevakuasi masyarakat yang dalam kondisi tidak sadar ataupun memiliki penyakit yang membuat tubuhnya sulit untuk bergerak. Tujuan dari pelatihan tersebut adalah mengajarkan masyarakat bagaimana seharusnya tindakan yang kita lakukan bilamana terjadinya bencana alam.

Acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana berlangsung dengan lancar dan semoga ilmu yang sudah dipaparkan oleh tim dari Badan Penggulangan Becana Daerah menambah ilmu dan wawasan agar disaat terjadi bencana masyarakat lebih sigap dalam mengambil tindakan penanggulangan.

Related Articles

Back to top button